Pentingnya Mengajarkan Agama Pada Anak Sejak Kecil

Pentingnya Mengajarkan Agama Pada Anak Sejak Kecil

Pada dasarnya semua orang saat lahir, dia sudah mewariskan agama dari orang tua. Sehingga dia akan berdoa sesuai agama yang dia wariskan itu. Dan memang susah-susah gampang dalam mengajarkan kepada anak soal agama. Karena mereka akan banyak sekali pertanyaa. Apa itu, untuk apa berdoa, siapa Tuhan, untuk apa pasang ini itu. Dan banyak lagi. Sehingga orang tua harus memiliki pengetahuan yang cukup soal agama untuk menjelaskan semua itu kepada anak.

Pentingnya Mengajarkan Agama Pada Anak Sejak Kecil

Perlu diberikan pengertian secara baik-baik kepada anak, agar dia bisa mengerti dan memahami maksud dan tujuan anda. Dan anda harus sabar dalam mengajarkan kepada anak. Karena anak-anak yang moody an, memang akan sedikit sulit mengajarkannya. Dan ajarkan secara perlahan. Ajarkan sesuai dengan pemahaman si anak. Sehingga dia bisa mengerti dengan mudah. Dan ajarkan secara perlahan, secara bertahap. Jangan paksakan untuk di ajarkan dalam satu waktu. Karena semua butuh proses.

Jika orang tua memaksakan untuk di ajarkan semua pada satu waktu, takutnya anak akan susah menangkap maksud dari apa yang di ajarkan. Dan akan membuat minat anak untuk mencari tahu atau minat anak untuk mempelajarinya menghilang. Ini di ajarkan agar dia tahu siap Tuhannya. Dia tahu saat dia sedang senang dan susah berdoa pada siapa. Dan penting juga untuk ajarkan pada anak bahwa agama itu tidak hanya satu, tidak hanya yang dia pelajari ini. Ada banyak agama yang lain.

Yang cara berdoanya pun berbeda-beda. Sehingga anak tidak akan bingung saat melihat ada temannya nanti yang berdoa dengan cara yang berbeda. Dan dia akan belajar bagaimana dalam menghormati orang yang memiliki agama berbeda dengannya. Sehingga dari kecil dia sudah belajar mengenai sikap toleransi. Dan itu sangat lah penting untuk pertumbuhan anak, dan nantinya dia bersosialisasi. Dan ajarkan dia juga untuk harus bersikap seperti apa saat ada orang lain yang berdoa dengan cara berbeda dengannya. Dimana saat ada orang lain sedang berdoa, kita harus tenang, jangan berisik. Menghormati mereka yang sedang berdoa.