Penting Mengontrol Ego Dalam Proses Menuju Kedewasaan

Penting Mengontrol Ego Dalam Proses Menuju Kedewasaan

Menjadi tua pasti tapi menjadi dewasa adalah pilihan. Dan ini adalah salah satu ungkapan yang mewakili kita semua sebagai manusia. Karena waktu akan terus berjalan, anda pasti akan bertambah setahun setiap tahunnya. Dan ini adalah pasti. Tapi dewasa tidak. Untuk menjadi dewasa harus ada keinginan, niat yang besar, dan harus berlatih. Tidak ada yang instant. Seperti misalnya anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah rumah, bahkan budget anda berlebih, sehingga bisa membeli rumah mewah sekalipun. Tapi kalian tidak mau, anda tetap memilih untuk nge kos. Seperti itulah dewasa. Anda sudah memiliki umur yang matang, tapi jika tidak ingin menjadi dewasa maka tidak akan pernah anda menjadi seseorang yang dewasa.

Penting Mengontrol Ego Dalam Proses Menuju Kedewasaan

Banyak orang yang khawatir untuk menjadi dewasa, karena takut tidak akan bisa menjadi seseorang yang dapat di andalkan. Atau tidak bisa menjadi seseorang yang bisa dibanggakan. Atau takut gagal menjadi sosok yang lebih dewasa. Menjadi dewasa memang tidaklah mudah. Karena anda harus banyak merelakan banyak hal. Belajar lebih disiplin baik pada waktu atau pada diri sendiri. Tanpa harus diingatkan oleh orang lain. Harus ada kesadaran diri yang lebih.

Dan memiliki keberanian untuk bertanggung jawab dengan segala perkataan dan perbuataan yang sudah anda lakukan. Dan ini bukanlah hal yang mudah. Karena anda harus menekan ego anda untuk itu. Sedangnkan ego adalah hal manusiawi yang secara alami sudah ada di darah setiap orang. Jadi untuk mengontrol ego adalah hal yang rumit. Butuh kebiasaan, butuh latihan, sehingga anda dapat mengontrol itu. Dan saat anda sudah bisa mengontrol ego anda.

Tahu kapan harus menerapkan ego anda atau saat dimana anda harus menahan ego anda. Maka anda akan merasa sangat damai. Akan ada rasa dimana damai dan lega di hati. Menjadi dewasa itu sebenarnya susah-susah gampang. Saat ada masalah atau sesuatu yang salah, pasti akan terasa sangat susah. Tapi saat semua berjalan lancar akan terasa gampang-gampang saja.