Khasiat kacang Fava Untuk Kesehatan

Khasiat kacang Fava Untuk Kesehatan

Kacang fava atau board beans termasuk salah satu jenis kacang yang masih tergolong dalam tumbuhan kacang polong. Untuk kacang tersebut tumbuh di dalam cangkang yang mana sama seperti kerang dan memiliki lapisan yang bisa dimakan.Tekstur yang lembut serta rasa yang sedikit manis membuat kacang fava mengandung berbagai gizi serta vitamin yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Seperti jenis kacang pada umumnya, kacang fava juga mengandung protein cukup tinggi. Untuk anda yang tidak konsumsi daging, maka kacang ini dapat menjadi pilihan makanan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu, kacang fava juga memiliki kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti

• Sebagai Sumber Protein Baik

Kacang fava memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni sekitar 30 gram. Kebanyakan sel  – sel dalam tubuh terbentuk melalui protein, baik itu tulang, otot, rambung hingga kulit. Protein sendiri dapat mendukung proses produksi hemoglobin yang berperan sebagai pembawa oksigen dalam darah. Oleh sebab itu, protein sangat diperlukan oleh tubuh agar nantinya sel – sel tersebut dapat bekerja dengan baik.

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, dengan memasukan kacang fava sebagai menu makanan mungkin dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat karena protein yang terdapat di dalamnya dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat lebih terkendali.

• Membantu Perkembangan Janin

Dalam seporsi 140 gram kacang fava mengandung sebanyak 170 microgram vitamin B9. Folat termasuk salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam pembentukan DNA atau proses pembentukan lainnya yang menyangkut dengan genetik.

Dari manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa ibu hamil juga sangat disarankan untuk selalu mencukupi kebutuhan gizi yang satu ini. Folat tersebut nantinya sangat berperan penting dalam mendukung proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

Selain itu, saat kekurang folat, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan risiko cacat lahir, seperti NTD ( neural tube defect ) yang mana penutup bagian tabung saraf bayi tidak sempurna ( spina bifida ) serta sistem pada saraf sumsum tulang belakang pada bayi menjadi tidak terbentuk dengan tepat

Untuk itu, konsumsilah sejumlah makanan yang kaya akan folat seperti kacang fava guna untuk menghindari risiko tersebut pada ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *