Sepak Bola Digemari Di Seluruh Negara

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga internasionla yang menggunakan bola sebagai alatnya, sepakbola ini umumnya dimainkan oleh sebelas orangdan beberapa pemain cadangan. Sejarah sepakbola yang berasal dari bahasa sepa dan bola, sepa yang berartikan tendangan sedangkan bola adalah alat yang berbentuk bulat. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola ditendang atau di seak oleh para pemain.

Sejarah singkat mengatakan bahwa sepak bola ini sudah di mulai dari zaman dinasti Han, pada abad ke 2 sebelum masehi di negara Tiongkok. Pada zaman itu, warga yang memainkannnya menendang ke jaring, permainan tersebut juga dilakukan di jepang yang di sebut dengan permainan kemari.

Dalam satu regu bermain sepakbola berjumlah sekitar 11 orang dan cadangannya, berikut tugas setiap pemain sepakbola:

  1. 1 orang penjaga gawang adalah satu satunya orang yang berada paling akhir yang boleh menggunakan tangan dan bertugas menghalu bola masuk ke gawang.
  2. 3-4 orang bertugas sebagai pertahanan bertugas untuk lawan tidak masuk ke daerah penjaga gawang dan menutup pergerakan lawan.
  3. 2-4 ini bertugas di tengah tugas yang diberikan sedikit besar karna juga harus menjaga pergerakan lawan, menyokong atau memberi kan umpan kepada orang didepan dan juga mengatur tempo permainan sepakbola.
  4. 2-3 orang ini berada paling utama di depan bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawannya.
  5. Ada juga pemain sayap yang bertugas juga memberikan umpan kepada pemain depan. berada diposisi kanan dan kiri lapangan.
  6. Terakhir kapten seseorang yang dipilih sebagai otak dari permainan strategi untuk melemahkan pergerakan lawan, dan mengkordinasi para pemain untuk bermain secara tim.

Ukuran lapangan sepakbola yang umumnya digunakan untuk pertandingan Nasional dan Internasional, memiliki panjang dan lebar sekitar 100-120 meter dan lebar lapangan berkisar 65-75 meter. Dan untu gawang yang berada di kedua ujung lapangan berukuran berkisar 7.31 meter dan tinggi 2.43 meter.

Dan untuk bagian dari depan gawang ada arae pinalati yang berjarak antara 16 meter. Area ini batas dari penjaga gawang yang hanya boleh menangkap bola dengan tangan dan kalau penjaga atau bek yang melanggar di area pinalti maka akan mendapatkan hadiah tendangan pinalti untuk lawannya. Demikian ulasan saya semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar