Tidak Hanya Untuk Mandi, Ini Fungi Antiseptik Cair Lainnya!

Tidak Hanya Untuk Mandi, Ini Fungi Antiseptik Cair Lainnya!

Antiseptik cair termasuk salah satu produk pembunuh kuman yang sangat bermanfaat. Selain berperan dalam menjaga kebersihan tubuh, cairan tersebut juga dapat membantu membersihkan area rumah.

Antiseptik merupakan sejenis disinfektan yang dipercaya sangat ampuh dalam membunuh ataupun menghambat perkembangan kuman. Dilansir dari WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia ) mengungkapkan bahwa umumnya penggunaan antiseptik tidak akan membahayakan kulit serta jaringan kulit.

Namun, untuk antiseptik ini berbeda dengan disinfektan. Meskipun memiliki kesamaan dalam melawan kuman, disinfektan tersebut hanya dianjurkan untuk permukaan benda tertentu bukan untuk penggunaan pada kulit. Hal ini karena kandungan berupa biosida yang cukup tinggi.

Berdasarkan bahan yang digunakan, antiseptik terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya
Alkohol
Antibacterial dye
Halofenol
Permanganat dan peroksida
Chlorhexidine ( klorheksidin )

Antiseptik diatas memiliki peran dan tujuan penggunaannya masing – masing, seperti kandungan tersebut efektif dalam membersihkan kulit. Kemudian, kandungan lainnya lebih dianjurkan dalam mengobati luka ringan.

Selain untuk mandi, berikut beberapa fungsi antiseptik lainnya, seperti

• Untuk Melindungi Tubuh dari Kuman

Kuman bisa berkembang biak di mana saja, baik itu di udara, tumbuhan, makanan, permukaan benda ataupun tubuh. Meskipun begitu, untungnya setiap manusia masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang berperan dalam melindungi tubuh dari serangan kuman. Akan tetapi, terkadang kuman yang berada disekitarnya tetap bisa menyerang tubuh dan tidak menutup kemungkinan akan memicu munculnya gejala – gejala atas penyakit tertentu.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindungi tubuh dari serangan kuman yakni dengan menggunakan bahan antiseptik. Hal tersebut juga didukung oleh Mayo Clinic yang mengungkapkan bahwa dengan membersihkan permukaan benda – benda yang sering disentuh termasuk cara paling efektif dalam menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

• Membantu Penyembuhan Luka Ringan Dengan Cepat

Dilansir dari DermNet NZ, penggunaan antiseptik dipercaya bisa membantu dalam mengobati luka bakar ringan yang sudah terinfeksi sehingga antiseptik tersebut bisa digunakan terhadap kulit luka yang disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga, lecet serta luka bakar ringan.

Kegunaan antiseptik cair ini bisa meminimalisasi risiko infeksi dengan sistem kerjanya membasmi organisme atau menghalangi masuknya ke bagian yang terluka. Usahakan menggunakan antiseptik sesuai dengan petunjuk ataupun tujuan penggunaannya.