Cara Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Cara Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Untuk sakit kepala dapat menyerang kapan saja dan di mana saja. Gejala yang muncul pun terkadang berbeda – beda di setiap orang. Akan tetapi, janganlah sesekali membiarkan rasa sakit tersebut hingga mengganggu aktivitas sehari – hari.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghilangkan sakit kepala, diantaranya

• Melakukan Kompres Area Kepala Dengan Es

Saat sakit kepala yang dialami karena migrain atau sakit kepala sebelah, cara yang bisa anda lakukan dalam mengatasi nyeri yakni dengan mengompres di bagian pelipis atau dahi menggunakan lap dingin. Kompres dingin ini nantinya bisa membantu menghambat pelepasan terhadap berbagai zat – zat pemicu peradangan yang mengalir ke bagian kepala sehingga menurunkan rasa nyeri tersebut.

• Menghindari Tekanan Di Bagian Kepala

Ketika sakit kepala menyerang, usahakan untuk sebisa mungkin menghindari tekanan berlebihan di bagian kepala. Pasalnya, terkadang sakit kepala bisa berasal dari topi yang kesempitan, menggunakan ikat kepala ( bandana ) saat berolahraga, ikat rambut terlalu kencang hingga memakai kacamata terlalu lama.

• Perbanyak Minum Air Putih

Khasiat dari minum air putih dengan cukup memang sangat beragam, termasuk untuk membantu dalam mengatasi sakit kepala. Dengan minum air putih yang cukup, maka dehidrasi bisa teratasi. Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa dehidrasi termasuk salah satu penyebab munculnya sakit kepala.Tidak hanya bisa mengurangi sakit kepala, dengan memperbanyak minum air putih juga bisa mencegah munculnya kembali sakit kepala di kemudian hari.

• Melakukan Peregangan

Otot terlalu tegang yang disebabkan oleh stres termasuk salah satu penyebab dari munculnya sakit kepala. Oleh sebab itu, dalam mengatasi sakit kepala tersebut, anda bisa melakukan peregangan ataupun dengan merelaksasi tubuh. Tidak hanya dengan melakukan gerakan peregangan, anda juga dapat melakukan olahraga ringan dalam meringankan sakit kepala, seperti tai chi, rutin berjalan kaki ataupun yoga.

• Berhenti Mengunyah

Saat sakit kepala menyerang, sebisa mungkin untuk menghindari mengunyah sejumlah makanan yang lengket ataupun keras, seperti permen karet. Hal tersebut nantinya tidak hanya membuat bagian rahang menjadi pegal, namun juga dapat memperparah sakit kepala yang dialami.

Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa permen karet bisa memicu munculnya serangan sakit kepala, terutama jenis sakit kepala tegang serta migrain. Untuk itu, ada baiknya agar menghentikan kebiasaan tersebut ketika anda mengalami sakit kepala dalam membantu mengobati gejalanya.