Tren Gigi Palsu

Seperti namanya gigi palsu adalah gigi yang sengaja dibuat mirip seperti gigi asli, dan tujuannya adalah untuk menggantikan gigi asli yang telah rusak, baik karena gigi berlubang, gigi busuk, gigi patah atau pun karena faktor usia sehingga gigi pada tanggal (biasanya untuk usia lanjut gigi copot satu persatu).

Bentuk dan warna gigi palsu memang sangat mirip dengan gigi asli, itu sebabnya jika kita hanya melihat secara sekilas tampak seperti gigi asli. Salah satu tujuan pembuatan gigi palsu memang untuk melengkapi gigi asli yang sudah rusak. Seperti kita tahu bahwa gigi merupakan salah satu penunjang utama penampilan dan percaya diri seseorang. Namun bukan itu saja, peran gigi dalam memproses makanan juga tidak bisa kita abaikan. Gigi punya andil besar disitu.

Jika bicara tentang gigi palsu, secara garis besar gigi palsu dibedakan menjadi 2 jenis atau 2 macam, ialah gigi lepasan dan gigi permanen permanen adalah gigi palsu yang dipasang permanen oleh dokter gigi, dan tidak bisa di pasang copot setiap hari oleh orangnya. Sedangkan Gigi Palsu Lepasan adalah gigi palsu yang lebih fleksibel, karena bisa di pasang atau dilepas sewaktu-waktu sesuai keinginan orangnya. Untuk mengetahui lebih rinci,apa saja jenis dan macam gigi palsu permanen, dan gigi palsu lepasan kita simak urainnya dibawah ini:

Gigi palsu sendiri ada 3 macam yaitu implant, crown dan yang ke 3 adalah bridge. Nah jika kalian ingin mengetahui 3 jenis implant atau gigi palsu berikut penjelasannya.Dental implant atau gigi implant adalah gigi tiruan (gigi palsu) yang penerapannya dengan cara di tanam pada gusi. dan sifatnya permanen. Gigi implant umumnya berdiri sendiri, dan tidak membutuhkan gigi lain untuk menyangganya.

Gigi implant memiliki 2 bagian penting, bagian pertama adalah implant yang dibenamkan (ditanam) pada gusi, yang memiliki fungsi menggantikan (sebagai) akar buatan. Sementara itu bagian yang kedua adalah crown + abutment, kedua bagian ini memiliki peranan sebagai struktur mahkota gigi. Untuk memudahkan Anda, silahkan perhatikan gambar komponen implant di bawah ini.

Pada pemasangan gigi awalnya akan menanam implant kedalam gusi, dengan mnggunakan bius. Kemuian pada usia di hari ke 50-90, baru bagian yang kedua (crown) akan dipasang. Bertujuan untuk menyatukan implant ke gusi terlebih dahulu, karena nantinya akan di jadikan akar gigi buatan.

Pada beberapa kasus gigi copot bagian depan, biasanya dokter gigi akan memasang gigi palsu sementara(bisa dicopot dengan mudah) untuk menutupi implant yang sedang ditanam, supaya tidak terlihat bolong (ompong), gigi sementara itu akan di gantikan crown (mahkota gigi), setelah implant cukup kuat.

Tinggalkan komentar